Sabtu, 29 Oktober 2016

Varikokel dan Kemandulan

Varikokel dan kemandulan,- varikokel adalah suatu keadaan terjadi pelebaran pembuluh darah yang penggantung testis pada pria (spermatic cord) karena adanya gangguan aliran darah balik pada darah vena tersebut.

Kelainanan ini terdapat pada setidaknya 15 % pria dan merupakan salah satu penyebab kemandulan pada pria. Dari beberapa penelitian di ketahui sebuah fakta bahwa sekitar 21 hingga 41 % pria yang mandul menderita varikokel.

Varikokel dapat menyebabkan kemandulan melalui beberapa cara, yaitu terjadinya gangguan sirkulasi darah pada testis sehingga testis kekurangan oksigen, peningkatan suhu pada testis, adanya aliran balik (refluk) metabolit ginjal ke testis sehingga terjadi gangguan pematangan sperma.

Keluhan yang biasanya di sampaikan pasien adalah tidak mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah. kadang, penderita juga mengeluhkan benjolan di atas testis yang dapat di sertai rasa nyeri.

Dokter biasanya akan mengamati keadaan skrotum melalui perabaan. Biasanya dokter akan meminta pasien untuk mengedan. Nah, jika terdapat varikokel maka akan terlihat atau teraba sebuah bentuk menyerupai cacing di dalam skrotum. Selanjutnya, ukuran dan konsistensi testis juga akan di amati. Pada beberapa keadaan, kedua testis dapat terlihat kecil dan lunak karena terjadi kerusakan pada sel-sel di dalam testis.

Varikokel dapat di atasi melalui terapi operatif yang baru dapat di katakan berhasil jika di dapatkan beberapa indikator, yaitu bertambahnya volume testis, perbaikan kualitas sperma, atau pasangan yang dapat hamil kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar