Rabu, 15 November 2017

Duduk Dengan Kaki Menyilang Ternyata Berbahaya

Kebiasaan duduk dalam keadaan menyilang memang sulit dihilangkan. Biasanya posisi duduk nyaman itu kita lakukan saat sedang makan, bekerja, atau sesekali saat santai. Namun tahukah anda bahwa posisi duduk menyilang itu berbahaya bagi kesehatan. Berikut dampak negatifnya.

1. Sakit punggung dan leher 
Menurut ahli terapi fisik ortopedi Vivian Eisentadt, menyilangkan kaki anda hanya akan mengakibatkan sakit punggung dan leher. Duduk dengan kaki disilangkan dapat menyebabkan rotasi salah satu tulang punggung anda. Dan jika terlalu lama berada dalam posisi itu, punggung anda seamkin banyak mendapat tekanan.

2. Menyebabkan varises 
Varises juga diebabakan oleh terlalu lama anda duduk menyilang. Hal itu disebabkan karena tekanan dari satu kaki diatas yang menyebabkan aliran darah terhambat dan merusak pembuluh darah kaki. Parahnya, jika pembuluh darah sudah rusak bisa berisiko menyebabkan kebocoran yang menyebabkan varises lebih buruk.

3. Meningkatkan tekanan darah 
Darah dalam kaki harus dipompa kembali ke jantung. Darah harus susah payah melawan gravitasi untuk mencapai jantung. Tetapi saat posisi duduk menyilang, aliran darah akan terhambat. Akibatnya, tubuh anda harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong kembali ke jantung. Tak ada efek langsung yang dirasakan, namun jika dibiarkan anda akan menghadapi masalah kesehatan jangka panjang.

4. Ganggguan saraf kaki
Menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan pada saraf peroneal anda, sarap utama dalam kaki yang melewati tepat dibawah lutut. Tekanan itu bisa menyebabkan mati rasa dan kelumpuhan sementara dari beberapa otot di kaki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar